pendusta pasti celaka. iyopo..

17 03 2013

pendusta pasti celaka? lihat dulu konteksnya

baru main di lounge kaskus, dan ada agan bikin thread dengan bahasan utama hadist ini:

“Celakalah bagi orang yang berbicara lalu berdusta untuk membuat orang lain tertawa. Celakalah dia, celakalah dia.” (HR. Abu Daud no. 4990, At-Tirmizi no. 2315, dan dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 7136)

lalu gue browsing biar lebih jelas, nemu web ini:

http://al-atsariyyah.com/celakanya-para-pelawak.html

yang intinya kalo berbohong sekalipun dalam konteks bercanda (menghibur) atau bahkan memberikan pelajaran/pendidikan itu dilarang.

hedehh ribet ya.

gue sih simpel, gue tau ada hadist yang bunyinya gini:

Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Thabrani dan Daruquthni).

profesi pelawak, comic, pendongeng, novelist, pengajar ataupun orang tua yang berbohong agar orang lain mendapat manfaat menurut saya sah sah saja. dan itu jauh lebih baik daripada orang orang yang selalu “nurut” dengan hadist namun tidak memberi manfaat untuk orang lain. apa sih salahnya berbohong kepada anak anak jika di sungai ada monsternya sehingga mereka menghindari bermain di sungai. toh  itu demi keselamatan mereka. atau apa salahnya sih menghibur orang lain dengan cara membuatnya tertawa walau harus bohong sedikiit sedikit. toh audience bukan orang bodoh yang tidak bisa membedakan mana kebohongan yang membawa keburukan atau kebohongan yang bertujuan semata mata untuk membuat orang lain tertawa.

Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: