pendusta pasti celaka. iyopo..

17 03 2013

pendusta pasti celaka? lihat dulu konteksnya

baru main di lounge kaskus, dan ada agan bikin thread dengan bahasan utama hadist ini:

“Celakalah bagi orang yang berbicara lalu berdusta untuk membuat orang lain tertawa. Celakalah dia, celakalah dia.” (HR. Abu Daud no. 4990, At-Tirmizi no. 2315, dan dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 7136)

lalu gue browsing biar lebih jelas, nemu web ini:

http://al-atsariyyah.com/celakanya-para-pelawak.html

yang intinya kalo berbohong sekalipun dalam konteks bercanda (menghibur) atau bahkan memberikan pelajaran/pendidikan itu dilarang.

hedehh ribet ya.

gue sih simpel, gue tau ada hadist yang bunyinya gini:

Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Thabrani dan Daruquthni).

profesi pelawak, comic, pendongeng, novelist, pengajar ataupun orang tua yang berbohong agar orang lain mendapat manfaat menurut saya sah sah saja. dan itu jauh lebih baik daripada orang orang yang selalu “nurut” dengan hadist namun tidak memberi manfaat untuk orang lain. apa sih salahnya berbohong kepada anak anak jika di sungai ada monsternya sehingga mereka menghindari bermain di sungai. toh  itu demi keselamatan mereka. atau apa salahnya sih menghibur orang lain dengan cara membuatnya tertawa walau harus bohong sedikiit sedikit. toh audience bukan orang bodoh yang tidak bisa membedakan mana kebohongan yang membawa keburukan atau kebohongan yang bertujuan semata mata untuk membuat orang lain tertawa.

Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain





puzzle

17 11 2010

share pengalaman aja

berawal dari postingan sebelum ini, twitteran tadi malem, dan berlanjut dengan nonton tivi siang ini saya mengalami peristiwa yang awalnya tampak random namun ternyata saling terhubung satu sama lain.

1. kemarin siang posting tentang mimpi obama gitu kan. malemnya saya surfing di top 100 wordpress blog dan diantara 100 tulisan itu nemuin satu tulisan yang ngebahas obama sebagai duta bakso gara gara pidatonya di UI itu lho. “ah cuma kebetulan aja,” pikir saya.

2. twitteran tadi malem saya iseng jailin temen, dan berujung dengan kena batunya. ahh baca aja sendiri

@adhiarsa: kampret malu gw. awas kalian para trenggiling -_- RT @DeniAprilian: Mash tertawa di atas kodengkolan @adhiarsa RT @adhiarsa: :ngacir: RT @titi_kamall: Waduh :) RT @adhiarsa sabar gan, ampe lebaran trenggiling juga ga bakal dibales sama tikam RT @DeniAprilian: 50:50, 50% Usaha 50% keberuntungan/keajaiban RT @titi_kamall: Percaya adanya keajaiban ga Twitz???

lihat masalah awalnya, mbak tikam nanya percaya ada keajaiban apa enggak. masi belum kepikiran soal keajaiban pula saya.

3. twit saya yg lain

@adhiarsa: bodoh RT @liputan6dotcom: Pencopet Tewas Tertabrak Saat Melarikan Diri http://dlvr.it/8ddSV

habis itu saya baca baca komik korea di mangafox. nemu satu yang kata orang sih lucu. judulnya Zippy Ziggy, saya baca dan ternyata chapter pertamanya bahas tentang pencopet yang babak belur. walah kok bisa sama sama tentang pencopet

4. berhubungan sama nomer dua. tadi saya liat tivi, ada movie doa yang mengancam. berhubung sama sekali ga pernah liat akhirnya saya tonton. dan jreng jreng jreng, ternyata salah satu pemeran utama wanitanya mba tikam. walah kok bisa kebetulan ya

5. kemarin siang posting tentang bunuh diri. dan jreng jreng jreng. di movie doa yang mengancam, ada adegan mba tikam bunuh diri. walah mulai aneh nih

6. masih berhubungan ama yg nomer dua. tadi juga waktu movie doa yang mengancam lagi iklan, saya pindah channel ke trans7. ternyata ada acara tentang dunia hewan. dan tebak hewan apa yang dibahas. yup tepat sekali, trenggiling. what the…

pengalaman hidup itu seperti potongan puzzle, walau tampak random, namun sebenarnya saling berkaitan.  ini membuktikan bahwa hidup itu tidak serta merta terjadi secara random kayak dobosannya om Darwin, namun sudah ada yang mengatur sesuai takdirnya masing masing. karena tak ada satu helaipun daun yang jatuh tanpa sepengetahuanNya…

 





menciptakan siang

20 10 2010

hati ini tenggelam ditelan dingin malam
menciptakan ilusi yang mencekam
dalam diam kuteringat segenggam penyesalan
yang perlahan hilang terenggut senyummu
senyum tentang keikhlasan
senyum tentang ketegaran hati

perlahan aku menyadari
musuhku bukan kamu
musuhku itu aku
pengecut yang bersembunyi di keheningan malam

ingin rasanya aku membunuh sepi
ingin rasanya aku hilang menuju keramaian
berteriak menciptakan siang





dan hujan pun tersenyum :)

18 10 2010

seumpama hujan, kerinduan ini telah menjadi butiran air yang membasahi dahaga hidup. begitu deras hingga aku tersadar, hidup itu keras. keras kawan.

seumpama hujan, kerinduan ini terasa begitu nyata. meninggalkan jejak bau tanah dan wangi alang alang.

seumpama hujan, kerinduan ini telah menemani kesepianku. mengisyaratkan irama para pengarung malam.

lalu aku bertanya pada hujan yang turun malam ini, apa kau mengerti arti sebuah kerinduan?

dan hujan pun tersenyum :)

nb: buat seseorang di sana, terimakasih sudah mengajarkan sebuah pengalaman berharga. pengalaman yang bisa membuat saya lebih menghargai arti seorang teman :)





tentang cinta

14 10 2010

Suatu hari..ada seorang pria yang setiap hari ia melihat ada seorang sosok wanita cantik.Ia pun langsung jatuh cinta.
Setiap pulang bekerja, si pria selalu mengikuti si wanita tersebut.Kemanapun wanita ini pergi selalu di ikuti dan apapun kesukaan dari wanita ini pun pasti diperhatikan.
Sampai pada suatu kali..wanita ini menyadari bahwa belakangan ini ada seorang pria yang mengikutinya terus-menerus

P=pria
W=wanita

W: Kenapa kau mengikutiku terus? (bertanya tiba2)
P:  (kaget) oh, tidak..aku hanya kagum dengan kamu..dan aku rasa aku mulai jatuh cinta padamu..maukah kau makan malam bersamaku kalau kau ada waktu?.
W: Aq ingin sekali..tetapi apakah kau tidak menyesal bila jatuh cinta denganku?
P: (keheranan dan berkata) Kenapa aku harus menyesal?..
W: Kau belum lihat temanku..dia lebih cantik dariku..dan sekarang berada di belakangmu..
P: (menoleh dan keheranan..namun ia tidak melihat siapapun di baliknya)
W: Seharusnya kalau kau mencintaiku..kau tidak akan menoleh kebelakang (sang wanita tersenyum ramah..dan meninggalkan pria tersebut)

Sang pria sangat menyesalinya seumur hidup….

source: kaskus.us

dari cerita ini kita belajar untuk mencintai seseorang tidak hanya dari fisik, iman, materi, atau pandainya saja. jika kita begitu maka kita tidak akan pernah mencintai 1 orang. misal kita mencintai si A, lalu hadir si B yang lebih sempurna dalam fisik, iman, materi, atau kepandaiannya. maka kita akan dengan mudah berpaling meninggalkan A lalu memilih B. begitu pula ketika hadir si C, D dan lainnya yang lebih sempurna. apakah hal seperti itu yang dinamakan cinta ?

Love doesn’t need a reason. If you can explain why you love someone, its not love. mari belajar mencintai orang apa adanya (dia gak harus sempurna) tapi dengan cara yang sempurna :)





tentang seorang tukang kayu tua

12 10 2010

Seorang tukang kayu tua bermaksud pensiun dari pekerjaannya di sebuah perusahaan konstruksi real estate. Ia menyampaikan keinginannya tersebut pada pemilik perusahaan. Tentu saja, karena tak bekerja, ia akan kehilangan penghasilan bulanannya, tetapi keputusan itu sudah bulat. Ia merasa lelah. Ia ingin beristirahat dan menikmati sisa hari tuanya dengan penuh kedamaian bersama istri dan keluarganya.

Pemilik perusahaan merasa sedih kehilangan salah seorang pekerja terbaiknya. Ia lalu memohon pada tukang kayu tersebut untuk membuatkan sebuah rumah untuk dirinya.

Tukang kayu mengangguk menyetujui permohonan pribadi pemilik perusahaan itu. Tapi, sebenarnya ia merasa terpaksa. Ia ingin segera berhenti. Hatinya tidak sepenuhnya dicurahkan. Dengan ogah-ogahan ia mengerjakan proyek itu. Ia cuma menggunakan bahan-bahan sekedarnya.

Akhirnya selesailah rumah yang diminta. Hasilnya bukanlah sebuah rumah baik. Sungguh sayang ia harus mengakhiri kariernya dengan prestasi yang tidak begitu mengagumkan.

Ketika pemilik perusahaan itu datang melihat rumah yang dimintanya, ia menyerahkan sebuah kunci rumah pada si tukang kayu. “Ini adalah rumahmu,” katanya, “hadiah dari kami.”

Betapa terkejutnya si tukang kayu. Betapa malu dan menyesalnya. Seandainya saja ia mengetahui bahwa ia sesungguhnya mengerjakan rumah untuk dirinya sendiri, ia tentu akan mengerjakannya dengan cara yang lain sama sekali. Kini ia harus tinggal di Sebuah rumah yang tak terlalu bagus hasil karyanya sendiri.

source: kaskus

itulah yang terjadi pada kehidupan kita. kadang kita asal dalam membangun kehidupan, dan tidak pernah mengupayakan yang terbaik. Pada akhir perjalanan kita terkejut saat melihat apa yang telah kita lakukan dan menemukan diri kita hidup di dalam sebuah rumah yang kita ciptakan sendiri.

jangan sampai timbul rasa penyesalan , ayo segera jalani hidup dengan usaha yang terbaik. toh nantinya kita sendiri yang menikmati hasilnya :)





tentang kodok yang pantang menyerah

11 10 2010

Suatu hari sekelompok kodok jalan-jalan di kebun, dua di antaranya jatuh ke dalam sebuah lubang yang dalam. Para kodok berkeliling di sekitar lobang. Tapi begitu melihat betapa dalamnya lobang itu, mereka berpikir pastilah kedua teman mereka yang malang tidak akan mampu meloncat naik.

Dua ekor kodok dalam lobang sekuat tenaga berusaha melompat naik. Tapi berkali-kali usaha mereka gagal, hingga mereka kelelahan. Teman-teman mereka antara putus asa dan kasihan lalu berteriak menyuruh mereka untuk berhenti meloncat, menyerah saja. Dua ekor kodok itu tak menghiraukan saran teman mereka dan terus mencoba naik. Lagi-lagi teman mereka menyuruh berhenti, karena sia-sia mengerahkan tenaga, toh akhirnya akan mati juga, hanya menambah derita. Mereka terus meloncat. Namun yang satu akhirnya mengiyakan kata-kata temannya. Menyerah, jatuh, dan mati.

Yang satu terus meloncat sekuat tenaga. Para kodok lalu berteriak teriak semakin riuh untuk menghentikannya dan menerima takdir. Kodok dalam lubang semakin meloncat keras, akhirnya ia sekali waktu bisa melompat naik. Sesampai di atas, kodok-kodok bertanya kepadanya, “Kenapa kamu terus naik, padahal kami suruh berhenti?”

Kodok itu kemudian menjelaskan bahwa ia agak tuli, ketika tadi teman- temannya berteriak-teriak, dikiranya mereka tengah menyemangatinya…

source: kaskus.us

pelajaran yang bisa kita ambil, kita jangan mudah menyerah. saat kita berusaha pasti ada yang menyemangati kita dan ada yang mencemooh kita. jangan dengarkan yang mencemooh, tapi dengarkanlah teman teman yang menyemangati kita dan terus berusaha. soal hasil, Allah yang menentukan kok :)